Pendidikan

Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan Lho

Belajar Bahasa Indonesia itu Menyenangkan Lho

Pastinya diantara kamu ada yang berpikiran kalau kita sebagai orang Indonesia yang berbicara bahasa Indonesia, sudah nggak perlu lagi belajar bahasa Indonesia. Padahal ilmu mengenai bahasa Indonesia nggak terbatas dengan komunikasi sehari-hari saja. Masih banyak hal yang perlu untuk dipelajari dalam bahasa Indonesia.

Oleh karenanya, bahasa Indonesia dijadikan salah satu mata pelajaran di sekolah. Hanya saja, diantara kamu pasti ada yang beranggapan kalau belajar bahasa Indonesia itu membosankan. Namun, sebenarnya belajar bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan tidak melulu memakai buku teks dan jadinya akan lebih menyenangkan.
Mau tahu gimana caranya membuat belajar bahasa Indonesia jadi menyenangkan? Simak yuk ulasannya.

Belajar dengan Teknik Wawancara

Satu cara yang bisa dicoba untuk membuat pembelajaran bahasa Indonesia jadi menyenangkan adalah dengan menerapkan teknik-teknik khusus dan tidak melulu tekstual. Salah satunya dengan melakukan teknik wawancara.
Teknik ini akan membuat siswa aktif berpikir menyusun pertanyaan wawancara. Disamping itu, wawancara bisa jadi cara yang pas untuk melatih ketangkasan berbicara sekaligus mengemukakan pendapat. Pastinya belajar bahasa Indonesia dengan teknik wawancara akan lebih seru dari biasanya. Apalagi jika wawancaranya dilakukan dengan orang di luar lingkungan sekolah.

Belajar Sambil Membaca Karya Sastra

Sudahkah kamu mengenal beberapa karya sastra dari penulis Indonesia? Jika belum, maka belajar bahasa Indonesia bisa jadi lebih menyenangkan sambil membaca karya sastra. Dengan membaca karya sastra yang ada, kamu bisa menambah kosa kata baru dalam bahasa Indonesia yang bisa jadi belum kamu tahu. Apalagi kalau kamu termasuk yang hobi banget baca, maka cara ini dijamin sangat cocok untuk kamu. Belajar sambil menjalani hobi, seru ‘kan?

Belajar Sambil Bermain Drama

Selain dengan teknik wawancara ataupun membaca karya sastra, ada teknik lain yang bisa dicoba yaitu dengan bermain drama. Teknik seperti ini biasanya akan sangat disukai oleh para siswa yang suka mengekspresikan diri.
Dengan teknik ini, semua siswa di dalam kelas akan terlibat aktif dan pembelajaran akan jadi lebih seru. Bahkan, teknik ini juga bisa jadi ajang untuk belajar sastra selain hanya dengan membaca karya sastra saja.

Belajar Sambil Bermain Games

Belajar sambil main games? Wah, ini tentu jadi cara yang paling disukai oleh banyak siswa. Kamu termasuk juga ‘kan? Belajar dengan bermain games memang terkesan lebih seru dan membuat setiap siswa akan lebih terlibat secara aktif.

Belajar bahasa Indonesia pun bisa diterapkan dengan bermain games. Misalnya saja, dengan games seperti kuis yang dimodifikasi semanarik mungkin. Kuis yang menarik tersebut juga bisa dibarengi dengan pemberian hadiah bagi yang bisa menjawab banyak soal. Dengan begitu, pasti banyak siswa yang lebih antusias untuk belajar.
Belajar di luar kelas

Metode pembelajaran di luar kelas memang mengasyikkan. Alasannya tentu saja belajar di luar kelas bisa membuat siswa jadi lebih aktif dan tidak terlalu stress. Pembelajaran bahasa Indonesia sangat bisa diterapkan untuk pembelaran di luar kelas. Misalnya saja, dengan mengajak siswa untuk membuat puisi yang mana puisinya harus berdasarkan dengan hal-hal yang ada di lingkungan sekolah.

Selain itu, belajar di luar kelas juga bisa dilakukan dengan mengajak para siswa untuk belajar di perpustakaan. Apalagi di perpustakaan terdapat banyak karya sastra yang dapat dimanfaatkan untuk dibaca oleh para siswa.
Jadi, kalau menggunakan teknik belajar bahasa Indonesia seperti cara-cara di atas, belajar bahasa Indonesia jadi lebih menyenangkan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.