Pendidikan

Cara Membuat Makalah yang Benar

Cara Membuat Makalah yang Benar

Dalam membuat makalah, seringkali mahasiswa dan siswa sekolah dipusingkan dengan struktur penyusunan makalah yang baik dan benar. Salah satu tujuan dosen atau guru untuk membuat makalah agar kamu belajar dan tambah pinter di zaman yang serba maju ini.

Hal ini tentu harus diperhatikan oleh mereka dikarenakan struktur makalah yang benar akan lebih memudahkan pembacanya. Disamping itu, para dosen maupun guru akan lebih terkesan dengan mahasiswa atau siswa yang mengerjakan makalah dengan benar. Untuk itu, biar kamu nggak salah dalam membuat makalah, ikuti penjelasan tentang cara membuat makalah yang benar berikut ini yuk.

Ketahui Struktur Makalah yang Benar

Dalam membuat makalah, hal mendasar yang patut kamu ketahui adalah bagaimana struktur makalah yang benar. Nah, strukur makalah yang benar biasanya terdiri dari cover, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup dan daftar pustaka. Beberapa struktur tersebut akan dikupas lebih lanjut di bawah ini.

Cover

Cover menjadi halaman awal yang akan dilihat oleh dosen atau guru makalah kamu. Jadi, kamu harus pastikan dari halaman awal ini struktur yang kamu buat sudah benar. Cover dalam makalah biasanya akan terdiri dari beberapa komponen seperti judul, jenis makalah, tujuan pengajuan makalah, identitas penulis, logo, nama instansi, dan tahun makalah diterbitkan.

Kata Pengantar

Dalam bagian ini, kamu harus menuliskan sedikit kalimat pengantar kepada para pembaca makalah kamu. Umumnya, kata pengantar meliputi ucapan rasa syukur dari penulis atas selesainya makalah tersebut, identitas makalah seperti judul, penjelasan singkat tentang isi makalah, harapan penulis terhadap makalah yang sudah dibuat, dan tempat, tanggal serta identitas dari penulis.

Daftar Isi

Tujuan pembuatan daftar isi hadir untuk lebih memudahkan para pembaca makalah kamu. Dalam daftar isi tersebut, jangan lupa untuk mencantumkan halaman dari setiap bab ataupun sub bab yang ada di makalah kamu. Pastikan juga pembuatan daftar isi ini rapi sehingga akan nyaman untuk dibaca.

Pendahuluan

Pendahuluan termasuk pada bab pertama yang harus ada di makalah kamu. Isi dari pendahuluan umumnya terbagi jadi 3 sub bab diantaranya latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan. Dalam menulis ketiga sub bab tersebut usahakan untuk menulis secara runtut, padat, namun jangan terlalu melebar. Jadi, cukup secara singkat saja.

Pembahasan

Nah, pembahasan akan jadi inti dari makalah yang kamu tulis. Di bagian ini, kamu akan menjelaskan tentang landasan teori serta solusi dari permasalahan yang ada. Tentunya, bab ini masih ada hubungannya dengan bab pendahuluan ya.

Penutup

Dalam bagian ini, akan ada dua sub bab yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan di sini merupakan ringkasan dari hasil pembahasan makalah kamu. Sedangkan, bagian saran menjadi harapan penulis tentang penelitan selanjutnya ataupun harapan penulis agar pembaca bisa memahami isi makalahnya.
Daftar Pustaka
Sebuah makalah yang bagus juga ditentukan oleh sumber atau referensi yang dipakai. Oleh karena itu, pada bagian ini, kamu harus menuliskan dengan benar sumber-sumber yang kamu pakai baik itu dari jurnal, buku, ataupun internet.

Tulislah Makalah dengan Sistematis

Setelah mengetahui struktur penulisan dan pembuatan makalah yang benar, selanjutnya kamu perlu menuliskan makalah kamu secara sistematis. Dalam hal ini, setiap struktur harus ditulis dengan benar, kemudian inti pembahasannya pun tidak melebar kemana-mana.

Untuk bisa menghasilkan tulisan yang sistematis, jangan lupa untuk mengambil referensi yang benar-benar berkualitas. Selain itu, pastikan juga jika referensi yang dipakai terpercaya. Dengan adanya cara membuat makalah yang benar seperti di atas, kamu sudah siap belum buat nulis makalah yang bagus? Semoga cara di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.