Pendidikan

6 Tips Mencari Kerja

6 Tips Mencari Kerja

Mencari pekerjaan memang bukan hal yang mudah, baik untuk seorang fresh graduate maupun yang sudah pernah bekerja. Hal ini dikarenakan persaingan di era sekarang lebih ketat. Namun, bagi beberapa orang mencari kerja bisa jadi bukanlah hal yang sulit dikarenakan mereka sudah tahu kiat-kiat yang tepat dalam mencari kerja.
Jika kamu saat ini sedang mencari kerja dan ingin bisa mendapatkan pekerjaan pertama maupun pekerjaan barumu dalam waktu dekat, barangkali tips berikut akan membantumu. Simak yuk.

1. Persiapkan CV dan Surat Lamaran Kerja

Dalam melamar kerja tidak mungkin ‘kan jika kita datang ke suatu perusahaan atau melamar secara online tanpa memberikan informasi mengenai diri kita? Nah, untuk itu, kamu perlu menyiapkan CV terbaru kamu. Di dalam CV tersebut, setidaknya kamu juga harus memberikan informasi mengenai latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, magang, atau kerja.

Kemudian, jangan lupakan untuk menyiapkan surat lamaran pekerjaan atau cover letter. Surat ini akan berguna sebagai surat pengantar saat kamu melamar pekerjaan. Dalam menulis surat lamaran pekerjaan atau cover letter tersebut, sesuaikan dengan perusahaan apa yang akan kamu tuju.
Lebih baik jika kamu pelajari dulu jenis pekerjaannya, sehingga nantinya kamu bisa menyesuaikan dengan isi lamaran kamu jika kamu punya kemampuan yang dijadikan syarat. Jangan sampai kamu hanya menggunakan satu jenis surat lamaran dan memakai surat tersebut untuk melamar ke banyak perusahaan sekaligus.

2. Memanfaatkan Situs Lowongan Kerja

Saat ini situs lowongan kerja sudah banyak bermunculan. Dengan adanya situs-situs tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan yang sesuai untukmu. Dalam setiap situs tersebut, terkadang juga diminta untuk menulis mengenai profil terbaru dari pelamarnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memperbarui profil dengan informasimu yang terbaru.

Selain situs-situs lowongan kerja online, kamu juga bisa memanfaatkan cara lain seperti menghadiri job fair. Dengan mengikuti job fair tersebut, kamu tak hanya punya satu jalan saja yang bisa diandalkan.

3. Cari Tahu tentang Perusahaan yang Akan dilamar

Nah, tips berikutnya ini juga dirasa penting, apalagi sekarang ada beberapa lowongan pekerjaan yang ternyata malah menipu para pelamarnya. Jadi, lebih baik kamu cari informasi dulu mengenai perusahaan yang membuka lowongan tersebut. Dengan begitu kamu akan tahu apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak.

4. Mencari Informasi dari Orang yang Sudah Berpengalaman

Bukan hal baru lagi, saat banyak orang berhasil mendapatkan pekerjaan berkat jaringan kenalan yang luas. Hal ini tentu harus bisa kamu manfaatkan juga. Kamu bisa bertanya dengan orang terdekatmu jika saja ada lowongan pekerjaan di tempat mereka. Orang-orang terdekat ini bisa jadi teman, kerabat dekat, ataupun dosenmu semasa kuliah.

5. Bersiap-Siap untuk Melakukan Wawancara

Jangan hanya fokus untuk melamar pekerjaan saja, tetapi kamu harus menyiapkan dirimu jika tiba-tiba ada panggilan wawancara yang datang. Pelajarilah kiat-kiat saat melakukan wawancara kerja. Termasuk pertanyaan-pertanyaan apa saja yang akan muncul dalam wawancara kerja tersebut.

6. Melatih dan Mengembangkan Soft Skill

Selama dalam proses mencari kerja, tentu waktu yang kamu miliki tidak akan sepenuhnya kamu habiskan untuk melamar pekerjaan saja. Di tengah waktu luang yang kamu miliki, cobalah untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan melatih maupun mengembangkan soft skill yang kamu miliki.

Misalnya, dengan mengikuti kegiatan sosial, lebih mengembangkan hobi, belajar bahasa baru, ataupun hal lainnya. setidaknya dengan melakukan kegiatan-kegiatan tersebut akan berguna nanti saat kamu sudah mulai bekerja.
Itulah 6 tips mencari kerja yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Meskipun langkah untuk mendapatkan kerja tidaklah mudah, jangan lupa ‘tuk tetap semangat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.