Hiburan

6 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

6 Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Kota Pelajar, Yogyakarta. Selain menikmati deretan wisata alamnya yang terkenal, Jogja juga mempunyai daftar panjang kuliner-kuliner khas yang tak boleh dilewatkan.
Tak hanya wisatawan lokal saja yang menggandrungi kuliner khas Jogja, justru wisatawan mancanegara juga dibuat jatuh cinta dengan santapan khas Jogja . Lalu, apa saja sih sebenarnya kuliner khas Jogja tersebut? Langsung saja yuk simak rekomendasi 6 kuliner Jogja yang wajib kamu coba berikut ini.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Saat membicarakan tentang kuliner khas Jogja, pastinya setiap orang akan tertuju kepada gudeg. Yup, makanan satu ini memang jadi ikon makanan Jogja. Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba salah satu gudeg legendaris khas Jogja, maka Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan ini adalah jawabannya.

Sesuai dengan namanya, pemilik gudeg ini adalah Mbah Lindu yang sudah berusia 100 tahun. Beliau sudah berjualan dari remaja, jadi tidak heran kenapa gudegnya jadi salah satu gudeg legendaris. Lokasi dari Gudeg Mbah Lindu ada di Jl. Sosrowijayan, Gedong Tengan, masih dalam kawasan Malioboro. Untuk jam bukanya dimulai dari pukul 5 pagi–11 pagi, jadi pastikan kamu tidak datang kesiangan.

Mie Ayam Bu Tumini

Kuliner berikutnya yang patut kamu coba ketika datang ke Jogja adalah mie ayam milik Bu Tumini. Tidak seperti mie ayam di tempat-tempat lainnya, mie ayam Bu Tumini ini punya kuah yang khas bewarna cokelat. Rasa dari kuah tersebut yang membuat banyak wisatawan rela mengantre ke tempat makan ini. Dari segi harga pun cukup murah yaitu dikisaran Rp 8,000 sampai Rp 10,000. Lokasinya berada di Jalan Imogiri Timur No. 187, Umbulharjo dan untuk jam operasionalnya dimulai dari pukul 10 pagi-5 sore.

Sate Klatak Pak Bari

Buat kamu yang masih belum tahu, sate klatak milik Pak Bari ini pernah muncul di film AADC 2 lho. Keunikan dari sate ini ada pada tusuk satenya yang berasal dari besi jeruji sepeda. Meskipun sate klatak adalah sate kambing, tetapi sate ini tidaklah bau seperti sate kambing kebanyakan. Beralamatkan di Pasar Wonokromo, sate klatak Pak Bari buka mulai pukul 18.30-01.00.

Angkringan Kopi Jos Lek Man

Menikmati suasana Jogja di malam hari sambil berkuliner ria tentu bukan pilihan yang salah. Justru ini jadi pilihan yang pas apalagi sambil menyantap street food khas Jogja. Salah satu street food terbaik yang bisa kamu kunjungi adalah Angkringan Kopi Jos Lek Man yang tak hanya menjual kopi saja, tetapi juga aneka gorengan hingga sego kucing. Jam bukanya dimulai dari jam 2 siang hingga 3 pagi dan berlokasikan di Jl. Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran.

Es Buah PK

Disaat cuaca sedang panas-panasnya, meminum es buah pasti jadi pilihan yang paling tepat. Di Jogja, terdapat es buah legendaris yang berlokasikan di Jl. Pakuningratan No. 76. Uniknya, warung es buah PK ini hanya berupa tenda kaki lima, namun mengundang banyak sekali antrean. Konon, warung ini juga sudah berdiri sejak 44 tahun yang lalu.

Rujak Es Krim Pak Nardi

Satu lagi kuliner unik dari Jogja yang wajib sekali kamu coba adalah rujak es krim. Memang nama makanan ini sangat unik karena memadukan rujak dan es krim. Es krim yang ditaruh di atas rujak ini ternyata juga dibuat sendiri oleh Pak Nardi. Jadi, sudah pasti rasanya akan sangat autentik. Rujak es krim ini bisa kamu temukan di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman. Harganya juga sangat murah yaitu sekitar Rp 6,000 rupiah saja.

Selain 6 kuliner yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lho kuliner khas Jogja dengan cita rasa yang khas dan unik. Nah, dari 6 kuliner di atas, mana kuliner yang sudah kamu coba? Kalau belum, kira-kira mana dulu nih yang ingin kamu coba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.