Pendidikan

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Memilih jurusan kuliah memang susah-susah gampang dan lebih sering membuat calon mahasiswa kebingungan. Jadi, apakah kamu salah satu diantaranya yang lagi puyeng milih jurusan kuliah? Tenang, kamu nggak sendiri kok, banyak juga yang merasakan hal yang sama menjelang kelulusan SMA.

Tapi, ini bukan saatnya bingung tanpa kepastian, kamu harus secepatnya bergerak dan tentukan pilihanmu. Nah, untuk membantu kamu yang lagi bingung milih jurusan kuliah, di bawah ini ada tips-tips memilih jurusan kuliah yang patut kamu pertimbangkan. Simak yuk.

Cari Tahu Minat dan Kemampuan Kamu

Kuliah bukanlah hal yang main-main, kamu akan menjalani setidaknya 4 tahun untuk jenjang sarjana. Oleh karena itu, selama kurun waktu tersebut kamu tidak mau ‘kan salah jurusan, lalu malah nggak betah di jurusan kuliah yang sudah kamu pilih?

Jadi, tips pertama dan yang utama, kamu harus mengenali diri kamu sendiri, terutama mengenai minat dan bakat kamu. Tanpa mengenalinya lebih lanjut, kamu tidak akan tahu sebenarnya minat dan kemampuan yang ingin kamu kembangkan.

Jika kamu sudah tahu kira-kira apa minat dan di mana kemampuanmu, maka kamu perlu menuliskan beberapa pilihan jurusan yang sesuai dengan minat kamu tersebut. Setidaknya pilih lebih dari satu jurusan sebagai cadangan. Apalagi, saat mengikuti seleksi masuk universitas kamu juga harus memilih lebih dari satu pilihan.

Jangan Ikut-Ikutan Pilihan Orang Lain

Mengetahui minat dan kemampuan kamu ternyata juga penting supaya kamu tak lagi memilih jurusan kuliah secara asal-asalan dengan ikut-ikutan temanmu. Ini seringkali terjadi pada calon mahasiswa yang belum tahu betul kemauannya dan hanya tertarik karena jurusan tersebut dipilih oleh teman-temannya.

Ini tentu nggak baik, apalagi kalau di kenyataannya, jurusan tersebut tidak sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki. Bukan malah menikmati masa kuliah, justru kamu akan jadi kesusahan dan setengah-setengah menjalaninya.

Pelajari Plus Minus Pilihan Jurusan

Nah, beberapa pilihan jurusan sudah kamu dapatkan, berikutnya lakukan riset atau cari informasi lebih mengenai jurusan-jurusan kuliah tersebut. Informasi yang perlu kamu cari bisa berhubungan dengan tingkat kesulitan jurusan tersebut, apa saja yang dipelajari di jurusan tersebut, prospek kerjanya sesuai dengan yang kamu harapkan atau tidak, dan lainnya.

Pelajari juga kira-kira jika kamu masuk jurusan tersebut apa plus dan minusnya dari memilih jurusan tersebut. Dengan tahu plus minusnya, nantinya kamu akan tahu mana jurusan yang benar-benar sesuai denganmu atau tidak. Serta, kamu akan tahu mana jurusan yang bisa kamu jadikan pilihan utama dan sebagai cadangan.

Cari Informasi tentang Kampus-Kampus

Bukan hanya soal jurusan saja, kamu juga perlu mencari informasi lebih mengenai kampus-kampus yang menyediakan jurusan kuliah yang kamu pilih. Periksa akreditasi dari jurusan di kampus yang kamu pilih, lalu lihat juga bagaimana akreditasi kampus tersebut.

Disamping mengenai akreditasi jurusan dan kampus, informasi mengenai biaya dari kampus tersebut juga perlu dipertimbangkan. Apalagi, bila kampus yang kamu pilih ternyata ada di luar kota, maka akan ada biaya hidup tambahan yang harus kamu keluarkan.

Minta Pendapat Guru atau Orang Terdekat

Setelah mencari tahu banyak hal mengenai jurusan kuliah, kamu perlu lho berkonsultasi atau sekedar minta pendapat dengan guru ataupun orang terdekat. Meminta pendapat guru dan orang terdekat akan sangat membantu karena mereka pastinya sudah berpengalaman dan tahu mana jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu. biar kamu makin mantap memilih jurusan kuliah dan tidak asal-asalan, pendapat mereka bisa banget kamu pertimbangkan.

Jadi, masih bingung atau sudah siap dengan pilihan yang kamu ambil? Dengan tips-tips memilih jurusan kuliah yang ada di atas, semoga kamu tak salah pilih jurusan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.