Pendidikan

6 Cara Belajar yang Efektif

6 Cara Belajar yang Efektif

Belajar memang lebih identik dengan para siswa sekolah atau mahasiswa. Tetapi, sebenarnya belajar berlaku bagi siapa saja yang memang mau menuju suatu target tertentu. Seperti contohnya, ingin lulus SBMPTN, lulus CPNS, atau lulus tes beasiswa tertentu.

Untuk bisa sampai ke target-target yang kamu tuju, kamu perlu persiapan yang matang dan dibutuhkan cara belajar efektif. Menerapkan belajar efektif juga bukan hanya untuk kamu yang punya tujuan khusus, tetapi bagi siswa dan mahasiswa pun akan sangat membantu untuk kegiatan belajar sehari-hari. Simak yuk selengkapnya cara belajar yang efektif berikut.

Ketahui Waktu Belajar yang Terbaik

Untuk mendapatkan kualitas belajar efektif dan efisien, nampaknya kamu perlu mengetahui cara belajar berdasarkan waktu belajar terbaik. Kamu bisa memanfaatkan beberapa waktu belajar terbaik misalnya pada pagi hari sekitar pukul 9-11. Pada kurun waktu ini, otak akan bekerja secara produktif dan lebih fokus, sehingga akan sangat pas untuk dipakai belajar.

Lalu, pada pukul 11-12 siang, ini adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas yang berat, dikarenakan otak akan lebih berkonsentrasi pada jam-jam ini. Selain pada waktu pagi dan menjelang siang, waktu terbaik untuk belajar bisa dilakukan pada pukul 6-8 malam mengingat otak sedang masuk dalam tahap pemeliharaan.

Atur Jadwal Belajar

Setelah tahu waktu terbaik untuk belajar, kamu bisa sesuaikan pada jam berapa kamu bisa meluangkan waktu untuk belajar. Kemudian, atur jadwal belajar berkaitan dengan materi apa saja yang harus kamu pelajari.
Mengatur jadwal bisa jadi cara belajar efektif dikarenakan kamu akan lebih terkontrol dan menyesuaikan dengan target yang ingin kamu capai. Lalu, adanya jadwal akan membantu kamu juga agar tidak terlalu over dalam belajar dan ada batasan sekiranya kapan kamu harus istirahat dulu.

Pakai Metode Belajar yang Cocok

Salah satu kesalahan cara belajar seringkali diakibatkan karena penggunaan metode yang tidak cocok dengan gaya belajar yang dimiliki. Seseorang yang gaya belajarnya secara visual, bisa jadi akan kesulitan bila belajar dengan mendengarkan suara atau lewat audio. Jadi, kenali dulu mana gaya atau metode belajar yang lebih efektif untuk kamu lakukan. Sehingga, kamu tidak akan salah pilih metode.

Siapkan Ruang Belajar yang Kondusif

Belajar efektif bisa sekali dilakukan karena dukungan ruang belajar yang kondusif. Hal ini dikarenakan ruang belajar kondusif akan memberikan kenyamanan dan secara tidak langsung, mental kamu pun akan lebih siap untuk menerima asupan materi.

Tentunya, kriteria ruang belajar kondusif dapat kamu ciptakan sesuai dengan kenyamanan kamu. Misalnya, dengan mencipatakan ruang belajar yang rapi, bersih, dan punya kualitas pencahayaan yang bagus.

Praktekkan Materi Pelajaran

Selanjutnya, cara belajar efektif yang bisa kamu terapkan adalah dengan mempraktekkan apa yang kamu pelajari. Contohnya, ketika kamu belajar bahasa Inggris, akan lebih bagus kalau kamu juga mempraktekkannya dengan teman atau sekedar praktek pronunciation di depan kaca. Cara belajar seperti ini dirasa efektif karena kamu tak hanya mempelajari sesuatu secara tekstual, tetapi juga secara praktik.

Pahami, Jangan Sekedar dihafalkan

Alasan mengapa belajar jadi kurang efektif bisa terjadi kalau kamu lebih fokus menghafal suatu materi tanpa paham akan materi tersebut. Nah, untuk itu tips belajar efektif ini harus kamu terapkan dengan cara mencatat inti materi yang kamu pelajari dulu.

Ini akan membantu supaya kamu bisa lebih fokus pada materi pelajaran dan tidak melebar ke materi-materi yang lain. Selain itu, dengan mencatat, otak secara tidak langsung akan menyerap materi yang kamu tulis, sehingga akan lebih mudah dalam proses pemahaman. Kemudian, setelah mencatat intinya, barulah baca materi tersebut berulang-ulang sembari memahami isi materinya.

Jadi, setelah membaca 6 cara belajar efektif di atas, kamu sudah mulai punya gambaran ‘kan bagaimana belajar dengan efektif itu? Jangan lupa untuk menerapkan cara belajar di atas supaya target belajar kamu bisa terpenuhi, semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.